Jumat, 16 Juli 2010

CERITA DEWASA : SAHABAT ATAU CINTA ?

Pagi ini terlihat sangat indah. Matahari memancarkan sinarnya. Tidak seperti kemarin, hari yang indah seperti tertutup duka dengan hujan yang sangat lebat. Seperti biasa, Inet, terlambat bangun untuk kuliah. Cewek imut ini berasal dari kota Bandung. Dia tinggal di Jakarta sendiri, biasa anak kuliah sekarang kalau jauh dari orang tua pasti nge-kost. Demi mencapai cita-citanya menjadi seorang dokter. Dia juga bekerja di salah satu Cafe, di daerah Kemang.

”Waduh... ! telat lagi gw...” Inet menepuk keningnya sambil beranjak dari tidurnya. Ia langsung berlari menuju kamar mandi, lalu setelah itu bersiap-siap untuk berangkat ke kampus.
”Mampus gw, mana gak ada angkot lagi. Wah! Pasti gw diomelin dosen lagi nih, kaya kemarin, gw telat gara-gara jaga Cafe sampai malem.” Inet berwajah was-was.

Setelah menunggu angkot dengan penuh perjuangan, akhirnya angkot yang di tunggudatang.
Sampailah Inet di Kampus. Inet berlari menuju kelasnya. Sampai di kelas, dilihat olehnya seorang dosen yang berwajah sangar.

”Wiiiiddiiihh... Pak Baskoro! Mampus gw, gw lupa lagi kalau hari ini ada mata kuliahnya dia.”
Inet masuk memberanikan diri. ”Tok, tok, tok...”
Pak Baskoro melihat Inet dengan mata melotot seraya marah, ”Dari mana kamu Inet? Jam segini baru datang!”
”Maaf pak saya kesiangan!” Inet menggaruk kepalanya.
”Mata kuliah saya sudah mau habis, lebih baik kamu keluar sekarang... !!” Bentak Pak Baskoro.

Tanpa berkata lagi Inet langsung keluar kelas. Inet menggerutu, ”Sia-sia dong perjuangan gw... kalau tahu ujung-ujungnya gw di keluarin, mendingan tadi gw gak usah masuk deh!”

”Woy!” suara Irwan mengagetkan Inet. Irwan adalah teman kerja Inet di Cafe juga satu kampus dengan Inet.
” Ah... Loe bikin gw kaget tahu!!!” Seru Inet.
”Maaf deh... Eh... dah makan belum? Makan yuk! Gw traktir deh...”
”Tumben loe, ada angin apa nih, traktir gw?” Inet heran.
”Angin ribut, hehehe... mau gak nih?”
“Ok deh! Kebetulan nih gw belum makan.” Ucap Inet. Inet dan Irwan pergi menuju kantin.

Mereka berjalan sambil bersenda gurau. Saking mereka asyik bersenda gurau, Inet tak sengaja menabrak seorang cowok yang ternyata dia adalah anak pemiliki Kampus tersebut.

”Woy...! jalan liat-liat dong. Pake mata kalau liat!” Bentak si cowok kasar.
”Akhh ellah... gw kan gak sengaja nabrak loe!” Inet balik nyolot.
Cowok itu tidak memperdulikan ucapan Inet, dia malah pergi begitu saja.
”Dasar cowok gila, sinting, sombong, belagu, pokoknya yang jelek-jelek ada di dia semua deh!” Ujar Inet kesal.
”Udah, diemin ajah... udah yuk kita lanjut lagi ke kantin, tadi katanya loe laper! ” Irwan meredakan kekesalan Inet.
”Awas loe ya, kalau gw ketemu lagi sama itu cowok... gw bejek jadi rujak.”
”Akh... loe Inet ada-ada ajah!” Ucap Irwan.

Inet mendapat bagian kerja malam di Cafenya. Biasanya Inet menunggu kedatangan Irwan terlebih dahulu sebelum ia masuk Cafe. ”Kemana nih, si Irwan? Lama amat datangnya!” Inet berwajah kesal.
Tak lama kemudian Irwan datang, ”Hai, udah lama nunggu yaaa???”

”Dari setahun yang lalu gw nunggu loe...” Inet meledek kesal.
”Ya ampyuuun... si cantik marah... gw jadi takut...” Irwan meledek balik Inet.
Mendengar gurauan temannya itu, Inet langsung tersenyum melupakan kekesalannya.

Irwan dan Inet langsung masuk kedalam Cafe tempat mereka bekerja.
Suasana Cafe malam ini sangat ramai pengunjung. Sampai-sampai para waiterskewalahan. Tidak heran mengapa Cafe ini begitu digemari banyak pengunjung, karena memang Cafe ini begitu nyaman dan asyik bagi para remaja.

Dari kejauhan segerombolan cowok yang membawa pasangannya masing-masing. Tampak salah seorang cowok dari gerombolan tersebut membawa tiga wanita sekaligus.

”Widiiiihh.... gila tuh cowok, punya cewek banyak banget! Buat gw deh satu...Hehehe..” Ujar Irwan kagum pada cowok yang membawa tiga orang cewek.
“Apa??? Gak salah denger gw…” Inet melihat jengkel.
Salah satu dari segerobolan cowok itu memanggil salah satu waiters.
“Pelayan!”
Inet datang menghampiri, “Iya… mau pesan apa?”

Sambil menulis pesanan yang dipesan, Inet melihat salah seorang dari mereka. Yang ternyata Inet kenal. Cowok itu adalah cowok yang gak sengaja Inet tabrak waktu di Kampus. ”Waduuuh... kayanya gw kenal nih cowok! Mampus gw, Ni cowok yang waktu itu di Kampus gw maki-maki... Wah, dia gak boleh tahu gw ni...”

Setelah selesai menulis pesanan, Inet langsung pergi meninggalkan segerombolan cowok itu. Baru beberapa langkah Inet beranjak pergi tiba-tiba salah seorang dari mereka memanggil, ”Pelayan!”
Inet langsung membalikkan badan dengan perasaan cemas. ”Iya, ada apa?”

”Kayanya gw kenal loe... Tapi dimana ya?”
”Ah, mungkin anda salah lihat.” Ucap Inet yang berwajah memerah.
”Ohhh iya, gw kenal sama loe. Loe cewek yang nabrak gw di Kampus kan?”
Inet sudah tak bisa mengelak lagi, ia hanya bisa terdiam.
”Jadi, loe kerja di Cafe ini? Hahaha ternyata loe tuh Cuma seorang waiters...” ujar si cowok.
Mendengar ucapan si cowok tadi, segerombolan teman-temannya pun ikut menertawai.
”Gw memang seorang waiters, tapi seenggaknya gw kerja halal. Gak kaya loe yang kerjanya cuma menghamburkan duit orang tua loe, seharusnya loe malu!” Setelah mengucapkan kata-kata itu Inet pergi berlalu. Si cowok hanya bisa terdiam mendengar ucapan Inet.

Pagi ini hujan turun dengan lebatnya disertai angin. Inet menunggu angkot untuk berangkat kuliah. Inet terlihat basah kuyup, karena berlari menuju tempat pemberhentian angkot. ”Hujan lagi! Pake hujan segala... Sial banget gw hari ini...” Inet berucap sambil mengeringkan wajahnya yang basah dengan sapu tangan.

Tak lama kemudian, dari kejauhan terlihat sebuah mobil ferari berwarna silver. Mobil itu berhenti tepat didepan Inet. ”Mobil siapa nih berenti didepan gw?” Inet bertanya dalam hati.
Dari mobil itu, keluar seorang cowok membawa paying menghampiri Inet.

“Ayo bareng gw!” Perintah si cowok.
Ternyata itu cowok yang Inet benci karena keangkuhannya dan kesombongannya.
”Siapa loe main nyuruh-nyuruh gw bareng sama loe!” Jawab Inet galak.
”Terserah loe sih, kalau memang loe gak mau. Tapi ini hujan!”
”Trus, mang kenapa kalau hujan? Ada masalah gitu buat loe!”
”Loe jadi cewek galak banget sih! Yaudah terserah loe!”
Inet terdiam sejenak....
”Eeehhh... tunggu-tunggu! Ok gw ikut, dengan terpaksa.” Inet sok jual mahal.

Didalam mobil Inet bercakap dengan si cowok.
Sorry... kalau gw kasar sama loe waktu itu.” Ujar si cowok.
”Gak apa-apa!” jawaban singkat dari Inet membuat si cowok makin penasaran dengan Inet.
”Siapa nama loe? Itu juga kalau gw boleh tahu.”
” Inet.”
”Loe gak nanya nama gw?”
”Apa penting gw nanya nama loe?” Inet balik bertanya.
Si cowok makin penasaran, ”Gila nih cewek susah banget ditaklukinnya. Gak kaya cewek-cewek yang gw kenal.”

Sampai di Kampus.
”Tanks ya udah ngasih tumpangan gw.” Ucap Inet
” Sama-sama, nama gw Rama!”
Inet langsung pergi meninggalkan si cowok.

Tanpa terasa sudah dua minggu Inet dan Rama saling kenal. Tidak seperti cewek dan cowok lainnya yang sudah kenal selama dua minggu, pasti si cowok langsung mengatakan cintanya pada si cewek. Rama tidak mau mengatakan cinta secepat itu. Dia mau lebih mengenal lagi Inet. Sejak kejadian di Cafe, Rama sadar bahwa ia angkuh dan sombong dengan kekayaan yang dimilikinya dari orang tuanya. Setiap hari Inet dijemput Rama setelah pulang bekerja di Cafe. Inet hanya menganggap Rama teman biasa sama seperti ia dengan Irwan. Bagi Inet gak ada yang namanya cinta, cinta itu cuma bulle shit! Inet gak percaya sama yang namanya cinta.
Biasanya cewek gak percaya sama yang namanya cinta, mungkin karena cewek itu pernah ada pengalaman buruk tentang cinta. Hehehe..... (sok tahu!).

”Inet... tunggu dulu!” Irwan memanggil Inet sambil berlari.
Inet yang sedang berjalan menuju kantin Kampus langsung terhenti dan menengok kebelakang, ”Ada apaan sih, Wan? Loe dah kaya maling dikejar-kejar Hansip tahu!”

”Rama!!!!”
”Iya, Rama kenapa?” Wajah Inet terlihat biasa saja, tiada raut kecemasan diwajahnya.
”Rama nunggu loe di Taman Kampus”.
”Emangnya mau ngapain sih?”
”Mene gw tahu tempe.... hehehe... Udah sana loe ke Taman, Dah ditungguin tuh.”
”Ada apaan sih tuh orang pake acara ngomong di Taman Kampus segala lagi.” Inet penasaran.

Inet melangkah menuju Taman Kampus. Sambil berjalan melihat mahasiswi dan mahasiswa yang sedang bercengkrama. Inet sampai juga ditujuannya, yaitu Taman Kampus.

”Ada apa loe manggil gw kesini?”
”Duduk!” Rama mempersilahkan Inet duduk.
Kedua cewek dan cowok ini duduk terdiam.
”Udah deh to the point ajah. Loe nyuruh gw kesini ada apa?” Inet kesal.
Rama mulai berbicara, “Dulu sebelum gw ketemu loe... gw ngerasa orang yang beruntung dengan kekayaan yang gw punya dari bokap gw. Sekarang gw sadar, kalau harta gak ngejamin hidup gw bahagia. Harta gw yang paling berharga adalah orang-orang yang sayang sama gw. Dan itu termasuk loe! Gw suka sama loe!. Gw gak mau harta yang paling berharga itu hilang.”

Inet hanya terdiam mendengar ucapan Rama. Tak ada yang bisa membuatnya berkata apapun, karena Inet sangat terkejut dengan ucapan Rama. Inet bangkit dari duduknya, dan berlari meninggalkan Rama.
Hanya ada Rama sendiri di Taman itu, dia hanya terdiam melihat Inet pergi meninggalkannya.

Tiga hari sudah berlalu semenjak Rama berbicara dengan Inet. Semenjak itu Rama dan Inet tidak pernah dekat lagi seperti dulu.
Hari ini, Inet memutuskan untuk berbicara kepada Rama ditemani oleh Irwan.

”Rama... sebelumnya gw minta maaf sama loe kalau selama ini gw gak pernah komunikasi lagi sama loe.”
Rama hanya terdiam.
”Sebenernya ada apa sih?” Irwan ingin tahu.
”Rama, Gw gak mau semua ini terjadi. Perasaan gw ke loe cuma sebagai sahabat yang care sama gw, gak lebih. Begitu pula sama Irwan. Gw lebih memilih kita bersahabat, karena sahabat selamanya akan care sama gw, tapi kalau loe jadi cowok gw... seandainya kita putus pasti gak akan seperti dulu lagi. Kita tertawa bareng, bercanda bareng, hari-hari gw selalu dihiasi dengan canda tawa loe berdua. Gw mau kita bersahabat!” Ucap Inet.

”Jadi loe nembak Inet, Rama?” Irwan kaget.
”Gw mau jadi sahabat loe, Net. Meskipun itu bikin gw sakit. Gw mau hari-hari gw sama loe... ” Rama berkata dengan suara lirih.
”Nah, gitu dong! Sahabat itu selamanya.... Gak lebihhhhh.”
Rama memeluk Inet dan Irwan.
Sahabat itu teman sampai kapan pun. Sahabat juga gak mungkin menjerumuskan temannya ke jalan yang gak bener. Jadi, kalau disuruh pilih cinta atau sahabat, kamu pilih yang mana????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar